Quote's


nggak kepo ngga hidup #BL


Kamis, 12 April 2012

novel fiksi remaja atau "novel remaja" (teenlit) ?

Kali ini, gue akan ngebahas tentang novel novel remaja jaman sekarang. kebetulan gue ngga suka sama novel teenlit Indonesia, konflik setiap novel pasti sama. Cewek yang jatuh cinta sama cowok, terus kalau ngga cowoknya meninggal gara gara penyakit keras, cowoknya selingkuh, atau balikan sama mantan. Boriii men -_- gue lebih suka novel remaja fiksi, atau roman Indonesia, terjemahan, lebih ngena dihati, kata katanya juga menggunakan EYED yang baik dan benar, lebih terdidik, maknanya juga banyak, dan selalu ada kutipan menarik yang bisa kita pakai buat pedoman hidup :3


 Enggak selalu juga novel remaja gaul atau anak muda biasanya menyebut teenlit, yang terbitan suatu penerbit buku ternama di Indonesia itu jelek, nggak selalu monoton. tapi setelah gue baca beberapa lembar, udah ketebak ending novelnya. Nggak ada tegang tegangnya. Gue paling suka fiksi remaja bukan hanya dari isinya yang ngena, juga sama covernya. bagus, keren. ada yang dari photo, lukisan, abstrak, simple tapi menarik. tergantung penerbit juga sih ya. kalau novel remaja teenlit biasanya cewek pake baju minim, warna pink, lagi berduaan sama cowok, atau sama temen genknya.


Ohh iya, novel komedi terjemahan juga bagus. kayak Diary of Wimpy Kid . itu bagus banget, ngga cuma ada tulisan doang, jadi itu novel bergambar. novel ini juga udah difilmkan.





calligrapherNovel terjemahan lebih bagus, cuman bahasanya lebih berat. gue suka baca novel novel terjemahan, kita bisa tau kehidupan orang diluar sana. positifnya bisa kita ambil , negatifnya cukup tau aja, jangan diikutin. Konfliknya juga nggak monoton. novel terjemahan remaja juga sering mengaitkan antara cinta dan keluarga. beda sama novel Indonesia jaman sekarang, yang ngga mengambil kehidupan anak itu dilingkungan keluarga. jadi ngga ada kedekatan antara orang tua dan anak dinovel itu.
Perbedaan harga karena kualitas juga terjadi antara novel fiksi dan teenlit. novel fiksi dan terjemahan harganya lebih bagus, karena kualitas dan isinya yang juga bagus . sedangkan teenlit kalau tidak terjual banyak dipasaran biasanya akan diobral ditoko buku setempat. miris -__-

hemm... gak bermaksud ngejelekin novel remaja zaman sekarang, namun gue sebagai remaja justru prihatin sama novel remaja yang bergenre teenlit itu rada ngga mendidik, ngga ada makna yang biasa diambil, beda sama roman, atau fiksi remaja, dan terjemahan. tapi kalau yang suka novel ringan, menggunakan bahasa gaul bisa baca novel remaja alias teenlit itu. Mau yang lebih ngena ? mengalir dan menggunakan bahasa yang sedikit berat, bisa baca novel bergenre roman remaja, dan terjemahan.
it's my opinion. what's your opini ?

2 komentar:

  1. Yang pengen baca2 novel gratis, mampir ke sini yukk! ;)

    htpp://nayacorath.wordpress.com

    BalasHapus
  2. saya punya cerita seram tapi bikin ngakak yang pengen baca ayooo masuk
    http://novelkocak.blogspot.com

    BalasHapus