Quote's


nggak kepo ngga hidup #BL


Minggu, 01 Juli 2012

JOURNALISTIC = JOURNALIST

Haiiii... Long time no see ._.
Udah holiday nih, setelah kejadian bagi rapor seminggu yang lalu.
dan seperti tekad gue dari awal, gue ngambil jurusan IPS, jadi Social Army!!
Dari awal gue emang udah punya angan angan kedepannya kayak gimana.
Apalagi pas diceritain kak Ebi tentang IPS, dan dikasih tau kak Abel kalau anak IPS kekomunikasi itu lebih mudah. Tekad gue makin bulat aja pas denger nasihat nasihat "beliau".

And then, tujuan gue masuk IPS ya itu. gue mau ngambil Komunikasi Jurnalistik. dan berhubung FIKOM UNPAD menurut gue bagus, dan lulusannya pun bermutu dan meyakinkan. gue pengen banget masuk sana.
Kak Ebi lagi nunggu pengumuman SNMPTN FIKOM UNPAD. gue sama Ranny Ayu Farisah mau nyusul kak ebi keunpad. kita kalau kongkow, pasti ngomongin ini, ngerencanain gimana keseharian kita kalau udah masuk sana, padahal gue sama ranny lulus 2 tahun lagi -__- Ranny mau ngambil FK UNPAD.
kita udah punya rencana... nanti kak ebi ngekost, dan kita nyari kostan disamping kostannya kak ebi, nanti kalau mau ngobrol tinggal keluar, gue ngekost bareng ranny. kata ranny kamar kita harus rapih, nanti novel novel koleksi gue sama ranny dibawa ke kostan, disewain-_- otak anak kost. Kalau lagi euro begadang sampe pagi, UAS terabaikan.. kak ebi nggak lulus lulus ._.v  jangan sampe. Gue yakin ini bakal seru bangetttt, kuliah nanti nggak bakal boring.. kecuali pas ngerjain skripsi.

Yap.. bisa dibilang gue lagi otw jurusan jurnalistik (amin)
2 tahun pasti kerasa cepet banget kalau kita ngejalaninnya serius. Gue nggak mau banyak main main lagi dikelas XI sama XII nanti, nggak mau nyepelein lagi. Setiap gue lagi belajar, gue bakal selalu bilang
"otw jadi journalist". 
Udah cinta banget sama journalistic :)

Dari sekarang, gue udah sedikit tahu konsep jadi journalist.
dia harus punya skill Manajerial, nose for news, news gathering, news writing (writing, editing, mixing), news presenting, news evaluating (editorial skill), dan modal lain jadi journalist, harus kepo -_- attitude alami yang udah ada dalam diri gue. NGGAK KEPO NGGAK HIDUP!!! terus juga harus pinter ngomong. (pinter nyepik juga nggak sih? ._.)

Dan setelah gue telaah, jadi journalist itu nggak cuma bisa jadi "journalist", karena para journalist udah punya skill yang diatas kayak writing, mereka juga bisa jadi penulis, bisa nyeritain pengalaman pas mereka ngeliput atau ngepoin (ngepoin?-_-) tugas mereka. jadi reporter, jadi presenter, jadi editor majalah, surat kabar, jadi photographer. *nulis sambil mupeng*

Terus harus punya KNOWLEDGE semacam pegetahuan kayak Journalism knowledge yang mencakup tentang penulisan berita, wawancara, jurnalisme di televisi, cetak, dan radio. Research knowledge kayak teori komunikasi sama komunikasi massa. terus ada Relevant knowledge mencakup komunikasi visual, photography, bahasa indonesia, bahasa inggris, etika pers, psikologi komunikasi, banyak banget.

Tapi jadi journalist juga banyak resikonya, misalnya jadi journalist perang, bisa aja kena serangan nyasar, pulang pulang tinggal nama. Oh iya kayak percobaan pesawat Sukhoi super jet waktu itu, ada wartawan yang ngeliput dan ikut jadi korban kecelakaan pesawat tersebut, dan nggak ada yang selamat. Terus kalau nggak bawa hasil sama sekali, pasti terpuruk ._. mungkin jadi journalist harus punya mental baja, sama kondisi fisik yang baik.

Okesip.. segitu dulu kabar dari BLACK LIGHT BLOG... semoga bermanfaat!!
Semoga keinginan kita semua terkabul, Amiiinnnn

Tidak ada komentar:

Posting Komentar